Selamat datang para penggemar otomotif di seluruh indonesia, kali ini kita akan membahas sedikit Cara Merawat Motor Ninja 250 Karbu dan Injeksi, untuk kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips untuk anda para penggemar motor yang di kenal butuh perawatan ini, sehingga bisa optimal dan membuat para mata di sekeliling anda merasa iri, dan ingin menikmati motor anda.

Cara Merawat Motor Ninja 250
1. Oli
Untuk pertama tama Cara Merawat Motor Ninja 250 Karbu dan Injeksi , saat anda membeli Kawasaki Ninja BAru, Pakailah Motor anda dengan pelan dan halus, janganj menarik gas dengan menghentak, atau mengagetkan. Setelah mencapai KM 2000 Segeralah mengganti oli mesin Ninja Anda.
Gunakanlah Kualitas Oli Mesin yang terbaik buat anda, dan usahakan gunakan oli mesin sama dari awal pemakaian, Demikian juga pemakaian oli samping, memilih oli samping yang berkualitas tinggi akan semakin menjaga performa mesin kawasaki. Oli mesin yang baik biasanya memiliki kelebihan tidak menghasilkan asap pada knalpot dan berbau wangi. Pemakaian bahan bakar pada Ninja secara standar cukup menggunakan premium yang memiliki oktan di bawah 92. Namun untuk mendapatkan performa yang lebih bagus, premium ini bisa dicampur dengan pertamax atau pertamax plus agar nilai oktannya tepat pada angka 92.
2. Bahan Bakar
Gunakan bahan bakar yang sesuai, saran saya pakailah Pertamax atau Pertamax Plus, tetapi jika terpaksa anda lagi krisis finansial gunakanlah Pertamax di campur dengan prtemium, dengan takaran 50:50, atau jika anda berduit hendaklah pakai Pertamax, disampaing membantu pemerintah, untuk pemakaian jangka panjang motor anda pun akan semakin baik.
3. Radiator
Berikutnya adalah Cara Merawat Motor Ninja 250 Karbu dan Injeksi dengan merawat Radiator Mesin anda, Fungsi pendinginan mesin pada kawasaki sepenuhnya dikerjakan oleh radiator dengan cara mengalirkan air yang dingin mengelilingi blok mesin. Semakin terjaga suhu radiator, semakin terjaga pula suhu mesin Kawsaki Ninja. Radiator akan bekerja maksimal jika air di dalamnya memiliki suhu 70°C – 80°C. Ketika suhu air di dalam radiator memasuki angka di atas 100°C, mesin Ninja akan tersiksa dan tidak bekerja secara optimal. Indikator suhu akan naik pada posisi H (high) dan motor harus dimatikan.
Anda mengetahui apa itu water coolant, gunanya adalah Agar suhu air di dalam radiator Ninja Anda tetap terjaga pada suhu rendah. Tetapi bagaimana cara memakainya, water coolant bisa dimasukkan ke dalam radiator. Caranya adalah dengan menguras semua air biasa yang berada di dalam radiator wahhh capek juga ya wwkwkwkwkwk, kemudian masukkan water coolant ke dalamnya. Tetapi jangan lupa PENTING !!! Proses penggantian air ini harus dilakukan ketika radiator dalam keadaan dingin. Jika dilakukan dalam keadaan panas akan berbahaya karena ketika tutup radiator dibuka air panas akan keluar, dan membahayakan si pemakai.
4. Perawatan Karburator
Karburator merupakan nyawa bagi motor anda, dan mau ga mau anda harus rajin merawatnya denga senang hati, Pertama bersihkan Penampung udara atau Filter, lakukan dengan hati hati, lepas filter bersihkan dengan cairan pembersih, dan usahakan jangan memakai pembersih dengan angin berkecepatan tinggi, karena akan merusak pori-pori filter itu sendiri.
Kedua Bersihkan Karburator, Buka karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk/choke, kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak gampang dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, biar gampang paka aja cairannya bensin. Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet, dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung, tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat, agar nanti saat pemasangan tidak bingung mencarinya. Jika sudah selesai bersihkan karburator dengan kuas, secara searah, lalu semprot sela-sela dengan angin berkecepatan tinggi, dan bersihkan rongga-rongga dan spuyer menggunakan amplas halus, kemudian pasang, tp INGAT jangan terlalu keras memasang nya. Kemudian setel Pelampung pada tangki bensin anda menggunakan jangka sorong/stigmat.
Ketiga rakit karburator anda, Pasang lah denga hati-hati dan usahakan untuk mebersihkan karburator 3 bulan sekali, dan jangan terlalu sering karena dapat membuat aus spuyer dan baut-baut karburator.
5. Rawat Injeksi
Untuk perawatan injeksi bawa aja bos ke bengkel kawasaki terdekat, heheheheh soalnya menggunakan alt khusus disono. maap yeee.
6. Cuci Dan sayangi motor anda
Sebenernya yang paling penting adalah mencintai motor anda seperti anda mencintai diri anda sendiri, karena setiap barang itu mempunyai nyawa, yang perlu kita perhatikan, cara yang paling ampuh dan murah adalah deangan mencuci motor anda sesering mungkin, dan andadipastikan akan di sayangi motor anda.
sumber : http://beliknalpot.com/blog/cara-merawat-motor-ninja-250-karbu-dan-injeksi
sumber : http://beliknalpot.com/blog/cara-merawat-motor-ninja-250-karbu-dan-injeksi
0 komentar:
Posting Komentar