Ingin gesekan kampas kopling motor bekerja maksimal? Coba deh jurus yang
satu ini. Tak perlu papas nap atau ganti per kopling racing. Cukup
pasang empat ring pengganjal di dalam rumah pegas kopling. Bisa dipakai
tahunan dan modalnya sangat terjangkau
Syaratnya, penekan kopling model empat kaki. Begitu sebut seorang kepala
bengkel bubut di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jurus ini bisa dilakukan
pada Yamaha F1Z-R, Vega, Crypton, RX-King, RX-Z, juga merek lainnya.
MATERIAL BAJA
Kenapa peranti itu perlu diganjal? Itu untuk memaksimalkan pemakaian
kampas kopling di kuda besi, sehingga meski kampasnya sudah tipis, tak
mudah selip. Biasanya, trik yang dilakukan adalah menambah pelat agar
kampas kopling lebih rapat.
Lainnya, memapas kaki 4 (nap) di bos kopling atau mengganti per penekan
yang lebih keras. Namun, ada cara paling aman dan tak mengubah
konstruksi peranti itu. Cukup pakai ring pengganjal per penekan kampas
kopling dari baja setebal 2-3,5 mm (gambar 1).
Kalu material lunak, gampang patah karena tekanan per. Lagi pula,
dijamin gesekan kampas lebih mantab, perpindahan perseneling jadi
lancar. Nah, ketimbang pusing mikir, lebih baik langsung praktik.
Sebagai contoh, dipasang pada RX-King. Langkah awal, keluarkan oli
transmisi dari baknya. Buka baut pengunci di bawah bak pakai kunci pas
17 mm. Lalu, lepas seluruh mur tutup mesin sebelah kanan dengan obeng
kembang (gambar 2).
Kalau tutup mesin sudah dicopot akan terlihat rumah penutup kopling.
Untuk melepasnya, gunakan kunci sok T-10 mm untuk membuka 4 baut penahan
per kopling (gambar 3). Jangan lupa pernya ditarik keluar
perlahan. Bersihkan tutup kopling dan per dari oli, dan bawa ke tukang
bubut untuk dibuat ring pengganjal per.
Kalau tidak dibawa ke tukang bubut, ukuran cincin baja bisa tidak pas
masuk dalam rumah pegas. Untuk RX-King, dianjurkan ketebalan ring 2 mm.
Bisa juga 3 mm, namun resikonya tuas kopling akan terasa keras saat
ditekan. Untuk bebek seperti F1Z-R, Vega, Supra, dan Kaze tebal
cincinnya sama dengan RX-King, 2 mm. Khusus untuk NSR, Ninja, Tiger, dan
GL-Pro tebal cincin 3,5 mm. Kalau sudah selesai dibuat, giliran
memasang alat itu kembali.
Rangkai tutup kopling di tempatnya, masukkan dulu ring, baru pernya (gambar 4).
Lantas, kunci pakai baut dengan kuat. Bila semua per dan ring dipasang,
rakit lagi semuanya. Ingat, sebelum tunggangan dibawa jalan masukkan
dulu pelumasnya.
sumber : http://anekatipssepedamotor.blogspot.com/2011/11/yamaha-rx-king-kampas-maksimal-pakai.html
sumber : http://anekatipssepedamotor.blogspot.com/2011/11/yamaha-rx-king-kampas-maksimal-pakai.html
0 komentar:
Posting Komentar